Language : Indonesian English Filipino Chinese (Simplified)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

ISO 45001 – Kesehatan dan keselamatan Kerja

ISO 45001 – Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Latar Belakang

Organisasi bertanggung jawab untuk meminimalkan risiko bahaya kepada orang yang mungkin terkena dampak dari kegiatan mereka ( misalnya para pekerja, manajer, kontraktor, atau pengunjung ), dan terutama jika mereka terlibat dengan organisasi untuk melakukan kegiatan tersebut sebagai bagian dari “pekerjaan” harian mereka.

Menurut perkiraan oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), ada 2,34 juta kematian pada tahun 2013 akibat dari aktivitas kerja. Sebagian besar (2 juta) berhubungan dengan masalah kesehatan. Institut Keselamatan dan Kesehatan (IOSH) memperkirakan ada 660.000 kematian per tahun akibat kanker yang timbul dari aktivitas kerja.

ISO sedang mengembangkan system manajemen ISO 45001 untuk kesehatan dan keselamatan kerja (OH&S). Standar ini  memungkinkan organisasi untuk mengelola risiko OH&S dan meningkatkan kinerja OH&S mereka. Penerapan sistem manajemen OH&S akan menjadi keputusan yang strategis bagi suatu organisasi yang dapat digunakan untuk mendukung inisiatif keberlanjutan, memastikan orang bekerja lebih aman dan sehat dan meningkatkan profitabilitas pada saat yang sama.

CATATAN : Istilah keselamatan dan kesehatan kerja (“OSH”) terkadang sering digunakan kesehatan dan keselamatan kerja ( “OH&S” ).

Kegiatan organisasi dapat menimbulkan risiko cedera atau gangguan kesehatan, dan dapat mengakibatkan gangguan serius bagi kesehatan, atau bahkan kematian. Oleh karena itu penting bagi organisasi untuk menghilangkan atau meminimalkan resiko OH&S dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Sistem manajemen OH&S dapat menerjemahkan mencegah insiden menjadi satu set sistematis dan berkelanjutan dari proses ( didukung oleh penggunaan metode yang tepat dan alat-alat ) dan dapat memperkuat komitmen organisasi untuk secara proaktif meningkatkan nya.

Hal ini logis bahwa mereka yang bekerja paling dekat dengan resiko OH&S akan memiliki pengetahuan tentang hal itu. Dengan demikian, partisipasi pekerja dalam pembentukan, pelaksanaan dan pemeliharaan sistem manajemen OH&S dapat memainkan peran penting dalam memastikan bahwa risiko dikelola secara efektif. ISO 45001 menekankan perlunya partisipasi pekerja dalam fungsi sistem pengelolaan pemerintah OH&S, serta mengharuskan organisasi memastikan bahwa pekerja kompeten untuk melakukan tugas-tugas mereka ditugaskan aman.

ISO 45001 keselamatan kerja

 

Apa itu ISO 45001 ?

Apa yang tidak ada dalam ISO 45001 ?
Apa keuntungan dari menggunakan ISO 45001 ?
Siapa Pengguna yang dimaksudkan dalam standard ini ?
Bagaimana ISO 45001 berhubungan dengan standard lain ?

Use next links to expand accordion items
Apa itu ISO 45001 ?
Apa yang tidak ada dalam ISO 45001 ?
Apa keuntungan dari menggunakan ISO 45001 ?
Siapa Pengguna yang dimaksudkan dalam standard ini ?
Bagaimana ISO 45001 berhubungan dengan standard lain ?

sumber : www.iso.org

Informasi Lebih lanjut?

Worldwide Quality Assurance ( APAC ) :
Graha ISKA 5th Floor, Jl Pramuka Raya No. 165
Central Jakarta, 10570 Indonesia
Phone : +6221 – 426 0769
Fax : +6221 – 424 3523
Hotline/Whatsapp : +62 811 149 6821
Email : jakarta@wqa-sea.com

 

Categories: ISO 45001,News

Comments are closed