Manfaat Sertifikasi ISO 27001

ISO 27001 adalah sebuah metode khusus yang terstruktur tentang pengamanan informasi yang diakui secara internasional. ISO 27001 merupakan dokumen standar sistem manajemen keamanan informasi atau Information Security Management System, biasa disebut ISMS.

Pengamanan informasi adalah suatu proses perlindungan terhadap informasi untuk memastikan beberapa hal berikut ini:

  • Kerahasiaan (confidentiality): memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Integritas (integrity): memastikan bahwa informasi tetap akurat dan lengkap, serta informasi tersebut tidak dimodifikasi tanpa otorisasi yang jelas.
  • Ketersediaan (availability): memastikan bahwa informasi dapat diakses oleh pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.

Pengamanan informasi tersebut dapat dicapai dengan melakukan suatu kontrol yang terdiri dari kebijakan, proses, prosedur, struktur organisasi, serta fungsi-fungsi infrastruktur TI.

kami akan mencoba membantu Anda. Banyak sekali manfaat keamanan data atau informasi dari penerapan ISO 27001, tetapi berikut merupakan Empat hal yang paling penting:

1. Pencapaian
Mungkin akan terdengar sedikit aneh ketika mendengar ini adalah manfaat yang pertama, tetapi seringkali menunjukkan progress ROI yang tercepat. Jika sebuah organisasi harus mematuhi berbagai peraturan mengenai perlindungan data, privasi dan tata kelola IT (terutama keuangan, kesehatan atau organisasi pemerintah), maka ISO 27001 mampu membawa metodologi yang memungkinkan untuk melakukan dengan efisien.

2. Pemasaran
Terkadang di pasar yang lebih kompetitif sangat sulit untuk menemukan sesuatu pembeda di mata pelanggan Anda. Sertifikasi ISO 27001bisa menjadi nilai jual yang unik, terutama jika Anda menangani informasi sensitif yang dimiliki oleh klien.

3. Penghematan biaya
Keamanan data atau informasi biasanya dianggap sebagai biaya yang tidak memiliki keuntungan finansial yang jelas. Namun, ada keuntungan finansial jika pengeluaran Anda disebebkan oleh insiden. Anda mungkin memiliki gangguan dalam layanan, atau sesekali kebocoran data yang disebabkan oleh karyawan yang “tidak puas” maupun mantan karyawan.

Kenyataanya adalah, masih belum ada metodologi serta teknologi untuk menghitung berapa banyak biaya yang bisa Anda hemat jika Anda mencegah insiden tersebut. Tetapi mungkin akan terdengar bagus jika Anda mendapatkan perhatian dari pihak manajemen terkait kasus – kasus tersebut.

4. Kerangka bisnis
hal yang terakhir ini mungkin sering kali diremehkan. Jika Anda adalah perusahaan yang telah tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir ini, mungkin Anda pernah mengalami masalah seperti: siapa yang harus memutuskan? siapa yang harus bertanggung jawab untuk aset informasi tertentu? Siapa yang harus mengakses ke sistem informasi? dan lain lain.

ISO 27001 bisa menjadi alat yang sangat baik dalam memilah – milah hal tersebut. ISO 27001 akan memaksa Anda untuk menentukan secara tepat tentang tanggung jawab serta pembagian tugas, dan hal ini juga akan memperkuat organisasi atau perusahaan internal Anda.

Penerapan ISO 27001 bisa membawa banyak manfaat selain hanya sertifikat yang tertempel di dinding Anda. Dalam kebanyakan kasus, jika Anda menyampaikan ke pihak manajemen secara jelas dan tepat, mereka akan mulai mendengarkan Anda.

Sertifikasi ISO 27001

 

Share this

Related Posts