Language : English Indonesian Filipino Japanese Korean Malay Thai Chinese (Simplified) Chinese (Traditional)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

Manfaat Penerapan 5S Untuk Perusahaan

5S merupakan konsep dasar dalam menerapkan sistem manajemen mutu karena menciptakan budaya disiplin dan peningkatan mutu di tempat kerja.

5S ialah cara metode untuk mengatur / mengelola tempat kerja menjadi tempat kerja yang lebih baik secara berkelanjutan. Penerapan 5R bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas di tempat kerja.

5S adalah singkatan dari 5 kata dalam bahasa jepang yang diawali oleh huruf S; Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke. Dalam bahasa Indonesia, kita bisa menterjemahkan 5S sebagai 5R; Seiri (Ringkas), Seiton (Rapi), Seiso (Resik),  Seiketsu (Rawat), Shitsuke (Rajin).  5S adalah filosofi dan cara bagi suatu organisasi dalam mengatur dan mengelola ruang kerja dan alur kerja dengan tujuan efesiensi dengan cara mengurangi adanya buangan (waste) baik yang bersifat barang atau peralatan maupun waktu.

Bagaimana cara menerapkan 5S berikut ini penjelasannya?

1. Seiri
Seiri berarti memilah dan membuang barang-barang yang tidak penting. Ruang kerja kita terbatas, sehingga jika banyak barang yang tidak penting maka akan membuat tempat kerja menjadi penuh dan tidak nyaman. Kita harus mengidentifikasi mana saja barang yang memang kita perlukan dalam melakukan kerja dan mana yang tidak diperlukan. Dengan menerapkan Seiri maka ruang kerja menjadi lebih luas dan menjadi lebih nyaman. Konsultan ISO akan menerapkan disposal notice dengan kategori barang yang penting dan barang yang harus dibuang. Setelah setiap barang ada statusnya, kemudian dilakukan pembersihan ruang kerja berdasarkan status mana yang akan tetap disimpan dan mana yang harus disingkirkan.
2. Seiton
Seiton berarti mengatur barang-barang yang diperlukan sehingga rapi dan mudah ditemukan. Tahap ini adalah tahap berikutnya setelah Seiri. Barang-barang yang penting dan diperlukan dalam pekerjaan kemudian diatur menjadi lebih rapi dan teratur. Semua peralatan kerja berada pada tempat yang telah ditetapkan. Dengan menerapkan Seiton maka setiap karyawan yang menggunakan peralatan kerja harus mengembalikan pada tempatnya setelah penggunaan. Konsultan ISO akan menerangkan langkah ini secara rinci dalam penerapannya. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan memberi identifikasi tempat setiap peralatan sehingga dengan lokasi yang unik ini maka setiap peralatan akan berada pada tempatnya.
3. Seiso
Seiso melakukan pembersihan tempat kerja sehingga bersih dan tidak berdebu. Kita pasti tidak nyaman jika bekerja di ruang yang kotor. Perusahaan yang memiliki tempat kerja yang bersih menunjukkan komitmen manajemen untuk memberikan yang terbaik bukan saja untuk karyawan juga untuk pelanggan. Konsultan ISO bersama perusahaan akan membuat program membersihkan tempat kerja yang melibatkan semua Bagian. Sisihkan waktu khusus dalam seminggu untuk dapat menjalankan program ini secara efektif. Dalam waktu yang telah ditetapkan manajemen, secara serentak seluruh perusahaan melakukan pembersihan tempat kerjanya masing-masing.
4. Seiketsu
Seiketsu memelihara standar yang telah ditetapkan. Ini adalah dasar dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu. Perusahaan menetapkan standar untuk pelaksanaan proses termasuk untuk memelihara kebersihan tempat kerja. Untuk memastikan program ini dapat berjalan Konsultan ISO akan membuat program kompetisi antara Bagian dengan penilaian untuk setiap bulan. Dengan ini maka diharapkan budaya mutu mulai dapat dilaksanakan secara efektif di perusahaan dengan melibatkan seluruh karyawan. Bagian yang dapat menerapkan 5S dengan baik dapat menjadi model untuk dapat meningkatkan kebersihan dan kerapian Bagian lainnya.
5. Shitsuke
Shitsuke melakukan sosisalisasi dan pelatihan agar karyawan memahami dan melaksanakan standar yang telah ditetapkan. Program 5S adalah program jangka panjang. Karenanya dibutuhkan sosialisasi dan pelatihan agar seluruh Bagian berpartisipasi dan menjadikan program penerapan 5S ini sukses dan efektif. Konsultan ISO akan melakukan sosialisasi dan pelatihan untuk memelihara kebersihan dan kerapian tempat kerja setiap saat. Dengan menerapkan 5S yang dipahami dengan baik oleh seluruh karyawan, maka tempat kerja diharapkan menjadi lebih bersih dan teratur
Banyak manfaat yang akan diperoleh perusahan dalam menerapkan 5S.

Adapun manfaat penerapan 5S di tempat kerja antara lain :

  1. Meningkatkan produktivitas karena pengaturan tempat kerja yang lebih efisien.
  2. Meningkatkan kenyamanan karena tempat kerja selalu bersih dan menjadi luas/lapang.
  3. Mengurangi bahaya di tempat kerja karena kualitas tempat kerja yang bagus/baik.
  4. Menambah penghematan karena menghilangkan berbagai pemborosan di tempat kerja.

Budaya 5S saat ini sudah banyak diterapkan pada banyak perusahaan (organisasi), terbukti melalui penerapkan budaya 5S tersebut banyak perusahaan-perusahaan yang tumbuh berkembang menjadi perusahaan maju dan berdaya saing tinggi.

WQA dapat memberikan training dan workshop tentang penerapan 5s diperusahaan anda, untuk informasi training dan workshop anda dapat menghubungi kontak dibawah ini.

Worldwide Quality Assurance ( APAC ) :
Graha ISKA 5th Floor, Jl Pramuka Raya No. 165
Central Jakarta, 10570 Indonesia
Phone : +6221 – 4260769
Hotline/Whatsapp +628111496821
Email : jakarta@wqa-sea.comInfo@wqa.co.id

 

Manfaat Penerapan 5S

Manfaat Penerapan 5S

 

Categories: News

Comments are closed

×
Hello, Can I Help You?