Language : English Indonesian Filipino Japanese Korean Malay Thai Chinese (Simplified) Chinese (Traditional)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

ISO / TS 30411 : 2018 – Panduan Terbaik Dalam Perekrutan Karyawan

ISO / TS 30411: 2018 – Manjemen Sumber Daya Manusia – Panduan ISO Untuk Menemukan Proses yang Terbaik Dalam Perekrutan Karyawan

Karyawan adalah aset terbesar bagi organisasi. Dalam proses perekrutan, dampak keberhasilan proses perekrutan saat ini  masing kurang jelas. Untuk itu ISO baru saja menerbitkan panduan yang membantu para perekrut untuk mengukur keberhasilan proses perekrutan mereka.

Dalam masa perekrutan, menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan itu tidak hanya dalam rangka mengisi kekosongan dalam posisi pekerjaan, tetapi memiliki dampak yang signifikan terhadap organisasi secara keseluruhan. Menyadari hal ini, departemen SDM sekarang sering menjadi perencanaan yang strategis dalam sebuah perusahaan, dengan mengukur dampak keberhasilan dalam proses perekrutan, tidak hanya menunjukkan nilai mereka, tetapi juga memungkinkan peningkatan kompetensi yang berkelanjutan.

Baru-baru ini diterbitkan, spesifikasi teknis ISO / TS 30411 : 2018, Manajemen sumber daya manusia – unit kualitas perekrutan, standard ini menguraikan praktik terbaik internasional untuk melakukan proses perekrutan. Ini mengidentifikasi ukuran yang dapat digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara pekerjaan baru dan keberhasilan organisasi.

Dr Ron McKinley, Ketua komite teknis ISO yang mengembangkan ISO / TS 30411, mengatakan bahwa standar adalah alat kunci untuk organisasi apa pun, terlepas dari ukuran, besar, kecil dan sektor usahanya.

“Mengukur seberapa baik kinerja karyawan baru, dan seberapa baik pilihan para perekrut, berdasarkan konteks, dengan banyak faktor yang berkontribusi,” katanya. “Tapi spesifikasi teknis ini memberikan cara konkret untuk mengevaluasi kinerja mereka terhadap target yang dapat diukur atau harapan yang berhubungan dengan kinerja organisasi, sehingga berfungsi sebagai alat pelaporan yang sangat berguna.”

ISO / TS 30411 dikembangkan oleh komite teknis ISO / TC 260, manajemen sumber daya manusia, sekretariat yang merupakan ANSI, anggota ISO untuk Amerika Serikat.

Pengukuran, analisis, dan peningkatan proses rekrutmen adalah sangat penting, sebagaimana disoroti dalam ISO 30405. Unit kualitas perekrutan(QoH) sangat penting untuk menentukan efektivitas proses perekrutan dan memiliki dampak yang berdampak pada kinerja organisasi. Dengan demikian, QoH telah muncul sebagai metrik kinerja paling penting untuk tim akuisisi bakat dan kompetensi.

Menurut Jac Fitz Enz [1], kualitas ditentukan oleh pelanggan dan tergantung pada kepuasan pelanggan. Untuk perekrutan, kualitas karyawan berhubungan dengan kepuasan para pemangku kepentingan dengan kinerja karyawan baru, dan dapat dinilai sebagai persentase produk / layanan yang memenuhi atau melebihi harapan.

Rekrutmen adalah pintu gerbang atau masuk ke dalam organisasi dan semua pemangku kepentingan tertarik untuk menilai QoH. Terlepas dari siapa yang menggunakan tindakan apa, satu hal sudah jelas: semua orang khawatir tentang kualitas karyawan dan ingin menggunakan kerangka kerja yang kredibel untuk menentukan keberhasilan proses rekrutmen.

Untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang ISO / TS 30411 : 2018 anda dapat menghubungi

Worldwide Quality Assurance
Graha ISKA 5th Floor
Jl Pramuka Raya No. 165
Central Jakarta, 10570 Indonesia
Phone : +6221 – 4260769
Fax : +6221 – 4243523
Hotline/Whatsapp +628111496821
Email : jakarta@wqa-sea.com

Categories: News

Comments are closed