Language : English Indonesian Filipino Japanese Korean Malay Thai Chinese (Simplified) Chinese (Traditional)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

ISO 17025 : 2017 Sudah diterbitkan

ISO 17025 adalah persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Standard ini adalah referensi internasional untuk laboratorium yang melakukan kegiatan kalibrasi dan pengujian di seluruh dunia.

Standar yang paling populer untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi baru saja diperbarui, dengan mempertimbangkan perubahan terbaru dalam lingkungan laboratorium dan praktik kerja.

Memproduksi hasil pengujian dan kalibarasi yang valid yang dapat dipercaya secara luas merupakan jantung kegiatan laboratorium. ISO / IEC 17025: 2017 memungkinkan laboratorium menerapkan sistem mutu dan menunjukkan bahwa mereka secara teknis kompeten dan mampu menghasilkan hasil yang valid dan dapat diandalkan.

ISO / IEC 17025 juga membantu memfasilitasi kerjasama antara laboratorium dan badan lainnya dengan menghasilkan penerimaan hasil yang lebih luas antar negara. Laporan pengujian dan sertifikat dapat diterima dari satu negara ke negara lain tanpa memerlukan pengujian lebih lanjut, yang, pada gilirannya, meningkatkan perdagangan internasional.

Untuk mencerminkan perubahan terbaru dalam kondisi pasar dan teknologi, edisi baru standar ini mencakup kegiatan dan cara kerja laboratorium baru saat ini. Ini mencakup perubahan teknis, kosa kata dan perkembangan teknik teknologi informasi dan mempertimbangkan versi terbaru dari ISO 9001 tentang manajemen mutu.

Laboratorium yang telah  di akreditasi ISO / IEC 17025: 2005 perlu melakukan transisi proses ke versi baru ini dalam jangka waktu tiga tahun sejak tanggal publikasi standar baru tersebut.

ISO / IEC 17025: 2017 dikembangkan bersama oleh ISO dan International Electrotechnical Commission (IEC) di bawah tanggung jawab Komite ISO untuk penilaian kesesuaian (CASCO).

Apa saja perubahan utama dalam versi 2017?

  • Ruang lingkup telah direvisi untuk mencakup pengujian, kalibrasi dan sampling yang terkait dengan kalibrasi dan pengujian berikutnya.
  • Pendekatan proses sekarang sesuai dengan standar yang lebih baru seperti ISO 9001 (manajemen mutu), ISO 15189 (kualitas laboratorium medis) dan ISO / IEC 17021-1 (persyaratan untuk badan audit dan sertifikasi).
  • Standar sekarang memiliki fokus yang lebih kuat pada teknologi informasi dan menggabungkan penggunaan sistem komputer, catatan elektronik dan produksi hasil dan laporan elektronik.
  • Sebuah bab baru memperkenalkan konsep pemikiran berbasis risiko.

Untuk mempelajari secara detail mengenai ISO 17025 versi baru bisa menghubungi WQA Academy.

Categories: ISO 17025

Tags: ,

Comments are closed

×
Hello, Can I Help You?