Language : Indonesian English Filipino Chinese (Simplified)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

Penyebab Kegagalan Penerapan ISO 9001

Saat ini banyak perusahaan berlomba untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas perusahaannya, salah satu cara adalah dengan menerapkan sistem manajemen mutu atau yang lebih dikenal dengan ISO 9001.

Memasuki era persaingan global dan persiapan Indonesia menghadapi masyarakat ekonomi asean (mea) setiap perusahaan di tuntut mampu bersaing secara global.diharapkan semua Perusahaan memiliki standar kualitas berskala internasional dalam penanganan sistem manajemen perusahaan.

Dalam menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 ini selain persyaratan kelengkapan dokumen perusahaan dituntut untuk mampu memahami sistem standarisasi tersebut, karena banyak perusahaan yang gagal menerapkan sistem ini dikarenakan faktor dari internal perusahaan itu sendiri.

Berikut adalah penyebab kegagalan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 antara lain :

1. Tidak Adanya Konsistensi

Dalam penerapan sistem manajemen yang penting dan harus diutamakan adalah masalah konsistensi, iya ini mudah diucapkan tapi yakin akan sulit penerapannya bila tidak mulai untuk dipaksakan, karena budaya malas yang kadang masih menyelimuti, sistem itu memang pada awalnya harus dipaksakan sehingga nanti akan terbiasa.

2. Tidak ada kepedulian

Tidak peduli atau dalam bahasa kerennya adalah low awareness….yang satu ini juga sudah mendarah daging jadi kebanyakan orang mungkin,,,punya kepedulian yang rendah terhadap lingkungan disekitar mereka sehingga kesalah pada pelanggaran sistem yang dilakukan dibiarkan saja karen merasa bukan urusan mereka akhirnya kesalahan sistem itu berjalan terus tidak seperti seharusnya, apabila mereka peduli tindakan pencegahan maupun perbaikan bisa segera dilakukan demi perbaikan dan jalannya sistem manajemen mutu dengan baik.

3. Tidak Memiliki pemahaman
Poin yang ini juga sangat penting karena apabila pemahaman implementasi ISO 9001 tidak dipahami secara merata oleh semua karyawan maka yang terjadi adalah kegagalan no. 1 dan 2 , untuk itu dalam penerapan manajemen mutu ada yang disebut dengan pelatihan atau training awareness yang tujuannya adalah memberi pemahaman tentang pentingnya sistem manajemen mutu ini untuk dilaksanakan oleh semua jajaran atau elemen dalam perusahaan.

meskipun masih ada banyak penyebab kegagalan dalam penerapan sistem manajemen mutu yang lain, Beberapa point yang disebutkan diatas dalam Penerapan ISO 9001  harus dipelajari agar penerapan sistem manajemen mutu berjalan dengan lancar disebuah perusahaan.

Dalam hal ini kami WQA Memberikan Pelatihan / training  tentang penerapan dan pemahaman ISO 9001, jadi bagi perusahaan yang ingin belajar menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001,  bisa mendaftar dan bergabung pada acara Public training  yang kami selenggarakan.

Untuk info Training  bisa menghubungi

Worldwide Quality Assurance ( APAC ) :
Graha ISKA 5th Floor, Jl Pramuka Raya No. 165
Central Jakarta, 10570 Indonesia
Phone : +6221 – 4260769
Hotline/Whatsapp +628111496821
Email : info@wqa.co.id

 

Categories: ISO 9001

Tags:

Comments are closed