Country : Indonesia bendera inggris malaysia Vietnam Myanmar Japan Philippines Philippines
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

Penerapan ISO 9001:2015 Pada Dunia Pendidikan

Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 tidak terbatas hanya pada perusahaan jasa atau manufaktur, tetapi implementasi ISO 9001 juga dapat dilakukan dalam dunia pendidikan.  Penerapan ISO 9001 : 2015 pada dunia Pendidikan atau Sekolah tidak jauh berbeda dengan penerapan atau implementasi ISO 9001:2015 dalam sebuah perusahaan.

Persyaratannya tidak hanya mempersiapkan dokumen-dokumen sistem manajemen mutu saja, tetapi bagaimana menyiapkan sumberdaya manusianya untuk melakukan perubahan mindset. Yang dimaksud mindset sebenarnya kepercayaan (belief) atau sekumpulan kepercayaan (set of beliefs) atau cara berfikir yang mempengaruhi perilaku (behavior) dan sikap (attitude) seseorang yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan dalam hidupnya .

Dengan demikian, jika kita ingin mengubah perilaku dan sikap seseorang, maka yang harus kita ubah sebenarnya cara berfikir kita. Oleh karena itu dengan mengubah mindset seluruh warga sekolah untuk memiliki visi tentang mutu sekolah, maka sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolahnya secara berkelanjutan. Visi adalah wawasan mental (mental image), sebuah cita-cita dan keinginan masa depan yang dapat dicapai oleh sekolah. Visi ini sangat diperlukan karena kegiatan sekolah merupakan bentuk layanan / jasa pendidikan yang harus dilakukan dan harus dicapai tingkat mutunya secara berkelanjutan (continous educational process improvement).

Seperti penerapan ISO 9001 : 2008, Langkah -Langkah penerapan ISO 9001:2015 juga hampir sama, yang membedakannya hanya ada beberapa penambahan dan sedikit penyesuaian pada klausul ISO 9001:2015 dengan adanya risk management.

Berikut adalah Langkah Рlangkap Penerapan ISO 9001 : 2015 di Sekolah bisa di download pada link berikut  http://adf.ly/1gxftW

Categories: News

Comments are closed