Language : English Indonesian Filipino Japanese Korean Malay Thai Chinese (Simplified) Chinese (Traditional)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

MUI Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) telah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada umat dan mitra kerja sekaligus mewujudkan dirinya menjadi organisasi yang moderen, profesional, dan akuntabel serta transparan. Untuk itu, DP MUI menyelenggarakan Program Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Komisi./Badan/Lembaga yang ada dalam DP MUI.

Program tersebut telah berjalan sejak 2017 lalu dan setelah melalui serangkaian audit eksternal oleh lembaga sertifikasi dunia Wordwide Quality Assurance (WQA) di Februari 2018, akhirnya DP MUI dinyatakan memenuhi syarat untuk memperoleh sertifikat ISO 9001: 2015 dari WQA.

Terkait telah dinyatakan DP MUI memenuhi syarat memperoleh sertifikat ISO maka Jumat tanggal 8 Juni lalu diselenggarakan acara penyerahan sertifikat ISO dengan mengundang berbagai pihak yang selama ini menjadi mitra kerja MUI, termasuk ormas-ormas Islam. Kehadiran para pihak tersebut, termasuk ormas-ormas Islam diharapkan menjadi semangat dan motivasi bagi ormas-ormas Islam lainnya juga ikut menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO agar menjadi organisasi yang lebih modern, responsif dan profesional.

ok2

Acara yang diadakan di Auditorium Kementrian Agama di jalan MH. Thamrin hari Jumat tanggal 8 Juni lalu. Di awali oleh Talkshow dengan tema “Modernisasi Organisasi Islam Menjawab Tantangan Zaman”. Talkshow dibuka dengan hangat oleh moderator Bapak Drs. Masduki Baidlowi, M.Si (Ketua DP MUI). Pembicara pertama M. Aristian, ST (Country Manager dari WQA) membawakan tema tentang pentingnya organisasi untuk berorientasi terhadap kinerja, termasuk untuk organisasi Islam. ISO 9001:2015 akan membantu organisasi untuk merumuskan tujuan, strategi untuk mencapai tujuan, operasional, evaluasi dan perbaikan yang berkesinambungan.

Pembicara kedua, Bapak Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag (Sekretaris Jenderal DP MUI) menceritakan pengalaman dan manfaat penerapan ISO di MUI. ISO Life sudah terasa dalam aktifitas sehari-hari di MUI ujarnya. Pembicara ketiga adalah Bapak Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H (Ketua Umum ICMI) “Berorganisasi dengan baik akan bisa mengalahkan kebatilan, organisasi harus terorganisir dengan baik jika tidak mau mengalami kegagalan”.

Pembicara terakhir adalah Bapak Irsyadul Halim (Anggota Baznas)  beliau menyajikan pengalaman Baznas ketika mengembangkan dan menjalankan sistem manajemen mutu. Yang lebih susah itu adalah mempertahankan, ujarnya. Talkshow ditutup setelah beberapa pertanyaan dan diskusi diajukan peserta.

Baca Juga : Milad ke 17 Baznas, Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Acara lalu dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat ISO 9001:2015. Dari badan sertifikasi internasional WQA, diwakili oleh M. Aristian selaku Country Manager dan langsung diterima oleh ketua umum MUI Bapak Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin. Acara ditutup dengan buka bersama.

Diraihnya sertifikat ISO 9001:2015 oleh DP MUI merupakan bentuk pengakuan kepada DP MUI karena telah mampu menerapkan manajemen mutu sesuai standar ISO. Dengan perolehan sertifikat ISO ini menjadi pendorong bagi Dewan Pimpinan MUI untuk menerapkan manajemen mutu ISO dan memberikan jaminan mutu pelayanan yang lebih baik dan lebih modern pada masa mendatang. Seiring dengan itu penerapan ISO di lingkungan DP MUI diharapkan akan meningkatkan kepercayaan umat, mitra kerja, dan pemerintah terhadap institusi MUI.

Selamat kepada Dewan Pimpinan MUI atas keberhasilan untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015. Sertifikat ISO 9001:2015 ini adalah langkah awal bagi MUI untuk melakukan proses perbaikan yang berkelanjutan.

(AR)

mui iso 9001

MUI Raih Sertifikat ISO 9001

Categories: ISO 9001

Comments are closed