Language : Indonesian English Filipino Chinese (Simplified)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

ISO 37001 – Standar Manajemen Sistem anti Korupsi & Suap

ISO 37001 – Sistem Manajemen anti Korupsi & Suap

Apa itu ISO 37001 ?

ISO 37001 adalah standar baru sistem manajemen anti korupsi & suap yang yang saat ini sedang dikembangkan oleh ISO. ISO adalah organisasi internasional yang mengembangkan dan menerbitkan Standar internasional , dan yang terdiri dari badan standar nasional dari 163 negara anggota.

Apa tujuan dari ISO 37001 ?

ISO 37001 dirancang untuk membantu organisasi dalam menerapkan sistem manajemen anti korupsi & suap . Standar ini menentukan serangkaian langkah-langkah yang harus diterapkan oleh oraganisasi untuk membantu organisasi mencegah , mendeteksi dan menangani korupsi & suap, dan memberikan bimbingan yang berkaitan dengan pelaksanaannya.

Siapa saja yang dapat menggunakan ISO 37001 ?

Standar ISO 37001 dirancang untuk digunakan oleh organisasi kecil , menengah dan besar di masyarakat, dan  pihak swasta. Ini adalah alat yang fleksibel , yang dapat disesuaikan sesuai dengan ukuran dan sifat organisasi dan risiko suap yang dihadapinya.

Di negara mana saja ISO 37001 dapat digunakan ?

ISO 37001 dapat digunakan di negara manapun . Hal ini dirancang untuk membantu kepatuhan oleh organisasi baik dengan praktek internasional yang baik dan dengan persyaratan hukum anti suap yang relevan di semua negara di mana organisasi beroperasi.

Apa jenis tolok ukur yang dibutuhkan oleh ISO 37001 ?

ISO 37001 membutuhkan organisasi untuk menerapkan serangkaian langkah-langkah secara proporsional dan wajar . Ini termasuk mengadopsi kebijakan anti – suap , membutuhkan kepemimpinan manajemen puncak / pemimpin, menunjuk seseorang untuk mengawasi kepatuhan anti – suap , memberikan pelatihan personil , melakukan penilaian risiko penyuapan dan due diligence pada proyek-proyek dan rekan bisnis , dan menerapkan keuangan dan kontrol komersial , serta pelaporan dan prosedur penyelidikan.

Bagaimana ISO 37001 dapat menguntungkan organisasi saya ?

  1. Ini membantu organisasi dalam menerapkan sistem anti manajemen suap , atau dalam meningkatkan kontrol yang ada ;
  2. membantu memberikan jaminan kepada manajemen dan pemilik dari suatu organisasi , dan penyandang dana , pelanggan dan rekan bisnis lainnya , bahwa organisasi telah melaksanakan praktek kontrol anti suap yang baik yang diakui secara internasional;
  3. dalam hal penyelidikan , membantu memberikan bukti kepada jaksa atau pengadilan bahwa organisasi telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyuapan.

Dapat pihak ketiga mensertifikasi kepatuhan organisasi saya dengan ISO 37001 ?

ISO 37001 adalah Type persyaratan Standar , dan karena itu mampu mensertifikasi secara independen

Bagaimana status dan jadwal publikasi ISO 37001 ?

Lebih dari 80 ahli , dari 28 negara yang berpartisipasi , 16 negara pengamat dan 7 organisasi penghubung , yang terlibat dalam penyusunan standar. Draft saat ini di Komite Draft tahap 2. Rencana jadwal penerbitan standar pada akhir 2016.

sumber : www.iso.org

Iso 37001

Categories: ISO 37001,News

Comments are closed