Language : English Indonesian Filipino Japanese Korean Malay Thai Chinese (Simplified) Chinese (Traditional)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

ISO 19011 Versi Terbaru Akan Terbit

ISO 19011 yang berisi panduan dalam melakukan audit sedang dalam proses revisi dan pengembangan.

ISO 19011 adalah standar yang memberikan panduan untuk melakukan audit sistem manajemen. Standar ini terbit pertama kali tahun 2002 dan sudah pernah direvisi di tahun 2011. Standar ini sedang dalam proses revisi dan baru mencapai tahap pemungutan suara pertama. Ini merupakan sebuah langkah penting dalam pengembangannya.

ISO 19011:2011 ini memberikan panduan untuk mengaudit seperti :

  • Prinsip-prinsip audit
  • pengelolaan program audit
  • pelaksanaan audit sistem manajemen,
  • panduan evaluasi kompetensi individu yang terlibat dalam proses audit

Termasuk orang yang mengelola audit program, auditor dan tim audit. Semua pelatihan untuk auditor, seperti internal auditor atau lead auditor pasti akan berdasarkan ISO 19011 ini.

ISO 19011: 2011 berlaku untuk semua organisasi yang melakukan audit internal atau eksternal terhadap sistem manajemen. Sistem manajemen suatu organisasi bisa dilaksanakan dengan baik dengan adanya evaluasi dari internal audit yang efektif dan benar. Internal Audit merupakan salah satu kunci untuk menjalankan sistem manajemen yang efektif dan meyakinkan adanya perbaikan yang berkesinambungan.

Saat ini setiap organisasi semakin beralih ke sistem manajemen, agar lebih efektif, menghemat waktu dan uang serta diterima oleh pihak luar. Banyak perusahaan memiliki beberapa sistem manajemen yang berbeda, masing-masing berfokus pada bidang yang berbeda, seperti IT, keamanan informasi, kualitas dan pengelolaan lingkungan. ISO 19011, berisi pedoman untuk mengaudit semua sistem manajemen itu, dan akan membantu dalam melakuakan audit sistem manajemen secara efektif serta memastikan perbaikan yang terus-menerus.

Standar ini sedang direvisi dalam rangka :

  • Untuk mencerminkan meningkatnya jumlah standar di sistem manajemen saat ini.
  • Mengikuti revisi terbaru dari beberapa standar yang paling banyak digunakan, seperti ISO 9001 untuk mutu dan ISO 14001 untuk lingkungan.

Proses revisi ini baru saja mencapai tahap Draft Komite (CD), yang berarti negara-negara yang terlibat dalam revisi tersebut memiliki kesempatan untuk memberikan komentar mengenai draft tersebut.

Denise Robitaille, Ketua ISO / PC 302, panitia proyek ISO yang bertanggung jawab atas revisi tersebut, mengatakan bahwa ketika standar terakhir ini diterbitkan pada tahun 2011, pada saat itu hanya terdapat 11 standar sistem manajemen, namun jumlah tersebut telah meningkat secara signifikan menjadi 39 saat ini, dengan 12 lainnya dalam pengembangan.

Karena organisasi melihat manfaat dan kebutuhan akan standar sistem manajemen (SSM), telah terjadi peningkatan jumlah standar. Sekarang ada standar sistem manajemen yang mencakup area untuk kesehatan dan medis, lingkungan, layanan, teknologi informasi dan banyak lagi. Selain itu, dua SSM yang paling populer – ISO 9001 dan ISO 14001 – baru saja diperbarui, jadi panduan audit terhadap sistem ini harus mencerminkan keragaman dan jumlah standar yang dikembangkan.

ISO 19011 berlaku untuk semua organisasi yang melakukan audit internal atau eksternal terhadap sistem manajemen serta mengelola program audit. Hal ini dimaksudkan untuk diterapkan pada berbagai pengguna potensial, termasuk auditor, organisasi yang menerapkan sistem manajemen dan organisasi yang perlu melakukan audit sistem manajemen karena alasan kontrak atau peraturan. ISO 19011 juga memberikan panduan audit eksternal, termasuk sertifikasi dan pemasok, yang mendukung pelaksanaan sistem standar manajemen.

Versi revisi ISO 19011 rencananya akan diterbitkan pada pertengahan tahun 2018.

Categories: News

Tags:

Comments are closed