Country : Indonesia bendera inggris malaysia Vietnam Myanmar Philippines Philippines
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

News

Jakarta, 5 Juli 2013

WQA IMPROVEMENT NEWSPAPER

1. The One-Minute TIP

“To create the life you truly want, you need systems that automatically carry you down-stream toward your ultimate goals. Design your office, your home, your schedule and your relationships so they “conspire” to help you get there! Talk with loved ones so they actively support you! Eliminate clutter and replace it with equipment, furnishings and tools that make you smile, that energize you and keep you focused. Design a schedule that includes time for your most important daily priorities.” .

2. Information For ISO : “Mengapa Mengadopsi ISO 9001 ??”

ISO 9001 adalah standar internasional system management mutu yang dirancang untuk membantu organisasi menghasilkan barang dan jasa yang bermutu dan sesuai dengan keinginan pelanggan.
Standard ISO 9001 dipublikasikan oleh ISO (International Organization for Standarization) atau lembaga standarisasi internasional melalui konsesus international yang berdasar pada prinsip-prinsip quality management practices. Hasil survey yang dilakukan ISO pada 2009 menyebutkan, organisasi atau perusahaan yang telah bersertifikat ISO 9001 telah mencapai 1 juta di seluruh dunia. Mengapa begitu banyak perusahaan mengadopsi ISO 9001? Apa Manfaatnya bagi perusahaan? Keuntungan ISO 9001 bagi perusahaan salah satunya adalah Image perusahaan semakin meningkat melalui sertifikasi ISO 9001.
Penerapan ISO 9001 dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Dengan menerapkan ISO 9001, standar kerja menjadi terdokumentasi sehingga mudah dalam pengendalian dan juga meningkatkan transparansi karena mewajibkan kejelasan tugas dan kewenangan setiap karyawan.

Lalu, apakah ISO 9001 hanya berlaku bagi perusahaan berskala besar atau perusahan multinasional saja? Jawabannya tentu tidak. ISO 9001 adalah suatu standar yang generik, dalam artian bahwa standar ISO 9001 dapat diaplikasikan oleh setiap perusahaan, baik UKM atau perusahaan besar, terlepas dari barang atau jasa yang dihasilkan.
Mengapa harus ISO 9001? Perusahaan tetap bertahan karena pelanggannya. Apabila pelanggan tidak puas, maka perusahaan tsb dalam kondisi berbahaya. Karenanya management harus senantiasa memuaskan pelanggannya dengan menyediakan barang dan jasa yang berkualitas. Maka dari itu, untuk memenuhi keinginan pelanggan, adopsi ISO 9001 adalah salah satu cara yang tepat karena dengan menerapkan ISO 9001 dapat membantu perusahaan mengelola setiap aktifitas dengan pendekatan yang sistematis dan terstruktur sehingga dapat menghasilkan barang dan jasa yang konsisten dan pada akhirnya dapat memenuhi keinginan pelanggan. Pertanyaan selanjutnya, apa saja langkah-langkah impelementasi ISO 9001? Secara garis besar ada 4 langkah untuk meraih sertifikat ISO 9001. Apa sajakah itu? Berikut uraiannnya.

Langkah 1 adalah harus dibentuk terlebih dahulu tim ISO perusahaan dan hendaknya tim ISO dapat mewakili semua personil dari semua departemen/divisi yang terdapat dalam perusahaan. Tim ISO dipimpin oleh seorang koordinator yang disebut “Management Representative (MR)” yang nantinya bertugas mengelola, mengkoordinir tim ISO dan sekaligus menjadi penghubung dengan pihak lembaga sertifikasi (Certification Body).
Langkah 2 melakukan sosialisasi ISO 9001 dalam bentuk trining. Training yang diberikan mencakup pemahaman standar ISO 9001, pendokumentasian dan audit mutu internal yang dapat dilakukan oleh karyawan internal atau menggunakan jasa konsultan.
Langkah 3 adalah dengan mengimplemantasikan standar ISO 9001 tsb, yaitu dengan menerapkan aturan-aturan kerja yang sudah terdokumentasi dalam dokumen ISO, seperti prosedur, instruksi kerja dan dokumen-dokumen lain yg telah disusun. Untuk mendapatkan sertifikas setidaknya implementasi ISO 9001 telah diterapkan minimal 3 bulan. Implementasi termasuk pelaksanaan audit mutu internal dan evaluasi terhadap penerapan ISO 9001 yang dinamakan kegiatan management review atau tinjauan management.
Langkah ke 4 atau tahap akhir adalah menjalani proses sertifikasi dengan menunjuk lembaga sertifikasi sebagai pihak yang bertanggung jawab melaksanakan audit sertifikasi. Lamanya proses sertifikasi bergantung pada tingkat kerumitan proses dan jumlah karyawan. Namun pada umumnya audit sertifikasi berlangsung minimal 2 hari atau lebih.

 

3. WQA Activity

Untuk meningkatkan pelayanan kami (WQA) kepada customer dan partner atau non partner, kami mengadakan event Workshop secara “Gratis“ yang diadakan setiap 2 kali dalam sebulan. Adapun jadwal workshop semester kedua tahun 2013 sebagai berikut :

Tema : “ Efektifitas Internal Audit

Tanggal :
• 18 Juli 2013
• 22 Agustus 2013
• 12 September 2013
• 10 Oktober 2013
• 7 November 2013
• 12 Desember 2013

Lokasi :
Meeting Room WQA Office Jakarta
Alamat :
Gedung Graha Atrium Lt. 8, Suite 0801, Jl. Senen Raya 135, Senen, Jakarta Pusat 10410
Trainer :
Bp. Mr. M. Aristian (Country Manager WQA-SEA)

Tema : “Kompetensi Management Representative (QMR)

Tanggal :
• 25 Juli 2013
• 29 Agustus 2013
• 26 September 2013
• 24 Oktober 2013
• 21 November 2013
• 6 Desember 2013

Lokasi :
Meeting Room WQA Office Jakarta
Alamat :
Gedung Graha Atrium Lt. 8, Suite 0801, Jl. Senen Raya 135, Senen, Jakarta Pusat 10410
Trainer :
Bp. Mr. M. Aristian (Country Manager WQA-SEA)

NOTED :
Untuk info lengkap mengenai workshop, pendaftaran peserta serta brosur atau undangan, dapat menghubungi Kenny Mei Liza atau Febby di nomor : 021-351 6676 atau dapat pula mengirimkan pesan lewat email kami di marketing@wqa-sea.co.id atau email kami di customer-relation@wqa-sea.co.id.

Berikut kami informasikan perihal kegiatan workshop di bulan Juni tgl 20 & 27 Juni 2013 :

cid:image020.jpg@01CE781F.4A93E9D0  cid:image021.jpg@01CE781F.4A93E9D0  cid:image022.jpg@01CE781F.4A93E9D0

          cid:image026.jpg@01CE781F.4A93E9D0  cid:image024.jpg@01CE781F.4A93E9D0

Jakarta, 21 November 2012


WQA OUTING EMPLOYEE DAY 2012

WQA-SEA INTERNAL AUDIT BY WQA HEADQUARTERS UK

Worldwide Quality Assurance Ltd. from United Kingdom Head Office comes again to visiting Jakarta as South East Asia (SEA) Office annual Internal Audit on April 2012.

This time Mrs. Tracey Barber as General Manager WQA Ltd UK and Mrs. Melanie Cooper has conduct the audit.

Shown in the photo above, from left to right Mr. Andy F. Djohan (Technical Manager), Mr. M. Aristian (WQA-SEA Country Manager), Mrs. M. Cooper & Mrs. Barber (WQA Ltd. UK), Mr. AB. Wibisono, Mrs. Esie Pramitaningtyas (Business Manager) and Ms. Nomita, after successful closing audit.


QMR WORKSHOP

Sebagai bagian dari Program “continuous improvement” serta meningkatkan kompetensi MR (Management Representative), maka WQA-SEA mengadakan pelatihan yang bertemakan “Meningkatkan Kompetensi MR”.

Pelatihan ini diadakan berdasarkan masukan dan adanya kebutuhan dari client – client WQA-SEA saat ini.

Workshop dihadiri oleh para MR yang mewakili perusahaan nya masing-masing.

Dimana selama ½ hari, para peserta mendapatkan pengetahuan akan arti penting nya MR dalam suatu organisasi yang menerapkan ISO. Dan memahami tugas dan tanggung jawab sebagai MR serta kendala-kendala yang sering di hadapi dan cara perbaikannya. Para peserta terlihat akrab mengikuti Pelatihan dengan serius tapi santai.

Pelatihan ini telah diselenggarakan setiap bulan, tepatnya sejak April 2012, dan terus berlanjut sampai dengan sekarang, yang khusus diadakan untuk client-client dari WQA-SEA, tanpa dipungut biaya.

Semoga dengan Pelatihan ini akan meningkatkan kompetensi dari MR sebagai motor penggerak pelaksanaan ISO di setiap perusahaan. Dan pada akhirnya dapat meningkatkan “Performance” dari Perusahaan serta meningkatkan kepuasan dari Pelanggan.

Untuk pendaftaran Pelatihan ini bisa menghubungi, Mba Febby/ Mas Kemal di no telepon :+6221 3516676 atau email ke customer-relation@wqa-sea.co.id

WQA – APAC
Worldwide Quality Assurance – Asia Pasific
An Agency of Worldwide Quality Assurance Limited – UK