Language : English Indonesian Filipino Japanese Korean Malay Thai Chinese (Simplified) Chinese (Traditional)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

FDIS ISO 45001 sudah terbit !!!

Setiap hari, ribuan nyawa hilang karena kecelakaan kerja atau penyakit mematikan yang terkait dengan aktivitas kerja. Organisasi seharusnya bisa mencegah kecelakaan dan kematian dengan bantuan standar baru ISO 45001 yang saat ini telah mencapai tahap akhir dalam pengembangannya (FDIS).

ISO 45001 adalah sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Berisi persyaratan dan panduan untuk membantu organisasi  :

  • Menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat bagi para pekerja dan orang lain disekitarnya.
  • Mencegah cedera & kematian yang berkaitan dengan pekerjaan dan kesehatan.
  • Meningkatkan kinerja kesehatan dan keselamatan kerja (OH & S).

Standar ini baru saja mencapai tahap Final Draft International Standard (FDIS), yang berarti pihak yang berkepentingan dapat sekali lagi mengirimkan umpan balik pada draf tersebut sebelum publikasi akhir yang diharapkan sudah dikeluarkan pada bulan Maret 2018.

Perkiraan terakhir dari Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) menunjukkan bahwa, setiap hari, lebih dari 7,600 orang meninggal sebagai akibat aktivitas kerja atau lebih dari 2,78 juta per tahun. Dan lebih dari 370 juta kecelakaan terjadi di pekerjaan setiap tahunnya. Beban untuk pengusaha dan karyawan sama-sama sangat besar, mengakibatkan kerugian pada ekonomi yang lebih luas mulai dari pensiun dini, ketidakhadiran staf dan kenaikan premi asuransi.

ISO 45001 yang berlaku di semua belahan dunia dan di semua sektor, dimaksudkan untuk mengurangi jumlah korban yang mengerikan ini. Ini akan menjadi standar global pertama dari jenisnya, yang memberi kerangka kerja yang diterima secara universal untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan karyawan, mengurangi risiko di tempat kerja dan menciptakan kondisi kerja yang lebih sehat dan aman.

Standar ini mengikuti jejak pendekatan sistem manajemen ISO lainnya, seperti ISO 14001 (lingkungan) dan ISO 9001 (kualitas). Serta mempertimbangkan standar internasional lainnya di bidang ini termasuk OHSAS 18001, pedoman ILO-K3, berbagai standar nasional dan standar dan konvensi ketenagakerjaan internasional ILO.

David Smith, Ketua ISO / PC 283, panitia proyek yang mengembangkan standar tersebut, mengatakan bahwa penyelarasan ISO 45001 ke standar standar sistem manajemen ISO akan hadir sebagai tambahan yang disambut baik. “ISO sekarang memiliki Standar Internasional untuk OH&S, yang sesuai dengan standar bisnis lainnya seperti ISO 9001, ISO 14001 dan ISO 27001, yang membantu organisasi mengelola risiko utama ini sebagai bagian dari proses bisnis mereka. ISO 45001 adalah peningkatan yang signifikan pada OHSAS 18001, yang telah menetapkan standarisasi tersebut dengan menggunakan pendekatan berbasis risiko di seluruh dunia dan sektor bisnis,” tambahnya. “Penerapan ISO 45001 yang efektif akan mengurangi risiko bahaya di tempat kerja.”

ISO – WQA ACADEMY

Untuk memahami lebih lanjut mengenai ISO 45001 anda bisa mengikuti Workshop yang WQA selenggarakan.

Workshop ISO 45001

Jadwal Workshop

Related Post :

Categories: ISO 45001

Tags:

Comments are closed