Country : Indonesia bendera inggris malaysia Vietnam Myanmar Philippines Philippines
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

Edisi Terbaru ISO 14001:2015 Sudah Terbit

Edisi Terbaru ISO 14001:2015 Sudah Terbit

ISO 14001:2015 baru saja diterbitkan pada tanggal 15 September 2015. ISO 14001:2015 adalah standar internasional yang mengatur persyaratan bagi sistem manajemen lingkungan. Standar ini menjadi kerangka kerja bagi organisasi atau perusahaan untuk dapat menjalankan sistem manajemen lingkungan yang efektif.

Ini dapat digunakan oleh berbagai organisasi terlepas dari aktivitas dan sektornya. ISO 14001 cocok untuk organisasi dari semua jenis dan ukuran, baik itu pribadi, tidak-untuk-profit atau pemerintah. Standar ini mengharuskan ogranisasi untuk mengatur masalah lingkungan yang relevan dengan operasinya, seperti polusi udara, air dan limbah, pengelolaan limbah, pencemaran tanah, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, dan penggunaan sumber daya dan efisiensi.

Sistem manajemen lingkungan membantu organisasi mengidentifikasi, mengelola, memantau dan mengendalikan masalah lingkungan mereka secara holistik. Seperti sistem manajemen ISO lain, ia menggunakan Struktur Tingkat Tinggi. Ini berarti dapat diintegrasikan dengan mudah ke dalam sistem manajemen ISO yang ada. Ini juga mencakup kebutuhan untuk perbaikan berkesinambungan dari sistem organisasi dan pendekatan untuk masalah lingkungan.

Menggunakan ISO 14001:2015 berarti dapat memberikan jaminan kepada manajemen perusahaan, karyawan serta pemangku kepentingan bahwa dampak aktifitas organisaasi terhadap lingkungan akan selalu diukur dan ditingkatkan.

Manfaat yang akan dirasakan oleh organisasi dengan menerapkan ISO 14001:2015

  • Menunjukkan kepatuhan organisasi terhadap peraturan dan regulasi
  • Meningkatkan kepeminpinan dan keterlibatan karyawan
  • Meningkatkan reputasi perusahaan dan kepercayaan pemangku kepentingan melalui komunikasi strategis
  • Mencapai bisnis strategis bertujuan dengan memasukkan isu-isu lingkungan ke dalam manajemen bisnis
  • Keunggulan kompetitif dalam hal keuangan melalui peningkatan efisiensi dan mengurangi biaya
  • Mendorong kinerja lingkungan yang lebih baik

Mengapa ISO 14001 direvisi?

Semua standar ISO ditinjau setiap lima tahun untuk menentukan apakah revisi diperlukan dalam rangka untuk tetap berjalan dengan baik dan relevan dengan kondisi saat ini. ISO 14001: 2015 dirancang untuk merespon tren terbaru dan memastikan standar ini akan kompatibel dengan standar sistem manajemen lainnya.

Apa saja perubahan utama pada ISO 14001:2015 ?

  • Peningkatan keunggulan manajemen lingkungan dalam proses perencanaan strategis organisasi
  • Fokus yang lebih besar pada kepemimpinan
  • Proaktif untuk melindungi lingkungan dari bahaya dan degradasi, seperti penggunaan sumber daya berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim
  • Meningkatkan kinerja lingkungan
  • Pemikiran “Lifecycle” ketika mempertimbangkan aspek lingkungan
  • Peningkatan pada dari strategi komunikasi

Organisasi diberikan masa transisi tiga tahun setelah tanggal revisi dipublikasikan untuk bermigrasi ke sistem manajemen lingkungan edisi terbaru. Setelah masa transisi ini, maka sertifikat ISO 14001: 2004 sudah tidak berlaku lagi.

sumber : www.iso.org

Sertifikasi ISO 14001:2015

Training ISO 14001:2015

Categories: ISO 14001,News

Comments are closed