Country : Indonesia bendera inggris malaysia Vietnam Myanmar Philippines Philippines
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

Cara Meningkatkan Kualitas Produk dan Mutu

Banyak Perusahaan yang bisnisnya bangkrut karena produknya tidak laku atau kalah bersaing dengan kompetitor. Biasanya produk tersebut tidak menarik orang untuk menggunakannya karena produknya sendiri kurang berkualitas, tidak dapat memberikan nilai manfaat apapun terhadap penggunanya. Jadi apapun bisnisnya yang terpenting produk yang dihasilkan harus berkualitas karena itu adalah salah satu syarat terpenting supaya bisnis dapat berjalan sukses. Berikut adalah 5 cara untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan apapun jenis bisnisnya:

Melakukan pengukuran rutin / Analisa

Cobalah untuk menyelesaikan 2 KPI (Key Performance Indicator) dalam waktu sehari. Hal ini akan memacu kita untuk bekerja lebih keras lagi sehingga kemampuan optimal kita dapat keluar. Biasanya salah satu hasil pekerjaan akan terlihat kesalahannya oleh tim kita, sedangkan satunya lagi akan terlihat kesalahannya oleh orang-orang yang sudah menggunakan produk tersebut.

Dengarkan kata pengguna / konsumen

Coba mintalah para pelanggan untuk menceritakan pengalaman mereka setelah menggunakan produk kita. Tanyakan masalah apa yang mereka alami dan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka. Catatlah setiap masukan ataupun masalah dari pengguna dan segera masukan dalam daftar hal-hal yang harus segera diselesaikan.

Fokus pada proses, bukan pada orang

Setiap orang yang terlibat dalam proses pembuatan produk ingin melakukan hal yang terbaik dalam pekerjaan mereka. Dalam banyak kasus, seringkaliĀ  yang mengalami cacat adalah prosesnya, bukan orangnya. Segeralah perbaiki kecacatan itu dimulai dari mengecek sistem, lalu kurangi atau tambah beberapa langkah dalam proses produksinya.

Adakan rapat yang efektif

Seringkali rapat berjalan lama dan membosankan, jadi hindari mengadakan rapat terlalu sering. Solusinya adalah adakan rapat mingguan yang di dalamnya membahas isu-isu yang berkaitan dengan peningkatan kualitas produksi. Buat semua orang terlibat dengan cara masing-masing melaporkan hasil pekerjaan terakhir, masalah-masalah yang timbul, serta berbagai ide usulan yang bisa diterapkan menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi. Usahakan untuk membuat rapat tersebut menyenangkan namun jangan memakan waktu terlalu lama. Lalu pastikan untuk selalu mendapatkan ide solusi dari setiap masalah yang dihadapi.

Buat peta masalah

Ada masalah yang jarang timbul dan ada yang sering timbul. Urutkan dari masalah yang paling sering timbul hingga yang paling jarang timbul. Lalu fokuslah mengerjakan solusi untuk masalah yang paling sering timbul. Jangan habiskan waktu mengerjakan solusi untuk masalah yang jarang dihadapi.

Itulah 5 cara yang dapat meningkatkan kualitas produksi bisnis apapun. Jangan biarkan bisnis bangkrut karena terlambat meningkatkan kualitas produk.

Meningkatkan Kualitas Produk

 

Categories: artikel,News

Tags:

Comments are closed