Country : Indonesia bendera inggris malaysia Vietnam Myanmar Japan Philippines Philippines
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

Apakah perusahaan membutuhkan jasa Konsultan ISO?

Apakah perusahaan membutuhkan jasa Konsultan ISO ketika mau mengembangkan system management ?

Ini semua tergantung sumber daya dari perusahaan tersebut. Apakah ada orang yang sudah memiliki pengetahuan, pengalaman dan waktu untuk mengembangkan sistem manajemen ISO tanpa bantuan dari luar. Jika tidak ada, disarankan untuk menggunakan jasa konsultan. Penggunaan jasa konsultan mempercepat keberhasilan untuk sertifikasi dan mencegah kesalahan serius dalam pengembangan dan implementasi Sistem Manajemen. Akan tetapi tetap perusahaan harus memiliki personil yang melakukan pekerjaan pembangunan Sistem Manajemen di bawah bimbingan dari Konsultan, untuk memastikan kepemilikan dan implementasi yang berkelanjutan dari Sistem Manajemen ini.

Berdasarkan ISO 17021, badan sertifikasi seperti WQA tidak diperkenankan memberikan konsultasi terhadap sebuah perusahaan. Ini ditegaskan di persyaratan pasal 5.2.5 dari ISO 17021:2011 bahwa lembaga sertifikasi dan setiap bagian dari badan hukum yang sama tidak boleh menawarkan atau menyediakan konsultasi system management. Untuk itu jika memang benar-benar membutuhkan, perusahaan bisa menghubungi konsultan ISO yang sudah ada banyak saat ini.

Berikut beberapa tahapan ketika membangun dan mengembangkan Sistem Manajemen :

Tahap 1 : Gap Analysis
Menganalisis proses dan prosedur yang selama ini sudah berjalan disuatu organisasi, sehingga bisa diketahui seberapa besar perbedaan antara proses yang sudah berjalan dengan persyaratan ISO. Hasil dari gap analysis ini akan menjadi acuan bagi Perusahaan atau Konsultan ISO dalam membenahi sistem manajemen mutu di organisasi tersebut.

Tahap 2 : Pelatihan dan Persiapan
Perusahaan atau Konsultan ISO akan memberikan pelatihan pemahaman terhadap ISO agar para karyawan mempunyai pemahaman yang cukup terhadap ISO. Sehingga proses penerapan ISO dapat berjalan dengan lancar.

Tahap 3 : Pengembangan Sistem dan Dokumen
Perusahaan atau Konsultan ISO akan membimbing dalam pembuatan dokumen yang dipersyaratkan oleh persyaratan ISO mulai dari manual, prosedur wajib, instruksi kerja, sampai form-form yang harus dibuat. Perusahaan atau Konsultan ISO akan membenahi sistem manajemen yang berlaku di perusahaan agar sesuai dengan persyaratan yang diminta.

Tahap 4 : Implementasi Sistem dan Dokumen
Pada tahapan ini, organisasi wajib menerapkan sistem manajemen yang sesuai dengan persyaratan ISO. Sistem Manajemen ISO ini sendiri biasanya diterapkan minimal selama tiga bulan sebelum mengajukan diri untuk diaudit oleh Badan Sertifikasi. Selama tahapan ini, Perusahaan dan Konsultan ISO 9001 akan memonitor penerapan untuk menjamin semua prosedur yang telah dibuat dijalankan dan semua rekaman dibuat dan dipelihara.

Tahap 5 : Audit Internal dan Tinjauan Manajemen
Audit internal dan Tinjauan Manajemen adalah dua kegiatan yang wajib dilakukan oleh organisasi yang menerapkan sistem manajemen ISO. Dua kegiatan itu dilakukan untuk menjamin semua persyaratan yang diminta oleh peryaratan ISO telah dipenuhi. Untuk menjamin pelaksanaan audit internal dan tinjauan manajemen berjalan dengan baik. Perusahaan atau Konsultan ISO 9001 akan memberikan pelatihan bagaimana melakukan audit internal di dalam sebuah organisasi. Setelah itu, Perusahaan atau Konsultan ISO akan mengawasi pelaksanaan internal audit dan tinjauan manajemen.

Setelah semua hal tersebut diatas dilakukan, perusahaan siap untuk diaudit oleh Badan Sertifikasi seperti WQA.

Contact
WQA APAC
Graha ISKA 165, 5th Floor, Jl Pramuka Raya No. 165
Jakarta, 10570 Indonesia
Phone : +6221 – 4260769, Hotline +628111496821 (Whatsapp)
Email : jakarta@wqa-sea.comadministration@wqa-sea.co.idtraining@wqa-sea.co.id

Categories: Others

Comments are closed