Language : Indonesian English Filipino Chinese (Simplified)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

Apakah Arti ISO

Apakah arti ISO ?
Secara organisasi ISO adalah organisasi independen yang merupakan pengembang standard internasional terbesar di dunia.
Secara standard, ISO adalah standard internasional yang mengarahkan dan mengontrol organisasi untuk mencapai tujuannya dan diterbitkan oleh International Organization for Standardization.
Karena International Organization for standardization akan memiliki singkatan yang berbeda dalam bahasa yang berbeda yaitu IOS dalam bahasa Inggris dan OIN dalam bahasa Perancis (Organisation internationale de normalisation), pendiri ISO memutuskan untuk memberikan bentuk singkat ISO. ISO berasal dari kata “ISOS” (bahasa Yunani), yang berarti sama. Sehingga apapun negara, apa pun bahasa, selalu menggunakan ISO.
ISO di dirikan tahun 1947, dan sejak saat itu sudah menerbitkan lebih dari 19.500 Standar Internasional mencakup hampir semua aspek teknologi dan bisnis.
ISO mengembangkan Standar Internasional , seperti ISO 9001 dan ISO 14001, tapi ISO tidak terlibat dalam sertifikasi, dan tidak mengeluarkan sertifikat. Sertifikasi hanya dilakukan oleh badan sertifikasi eksternal, sehingga perusahaan atau organisasi tidak dapat di sertifikasi ISO.

Saat ini ISO memiliki 162 anggota yang merupakan badan standar nasional dengan kantor sekretariat ISO berada di Jenewa, Swiss. Anggota ISO adalah organisasi standar nasional utama di suatu Negara dan hanya ada satu anggota per Negara.
Sejarah ISO diawali di London, pada tahun 1946, dimana 65 delegasi dari 25 negara bertemu untuk membahas masa depan Standardisasi Internasional. Pada tahun 1947, ISO secara resmi didirikan oleh 67 komite teknis ( kelompok ahli berfokus pada subjek tertentu ). Tahun 1949 kantor ISO di pindahkan ke Jenewa.
Tahun 1951 ISO menerbitkan Standar pertama di dunia yaitu ISO/R 1 : 1951 yang mengatur suhu acuan standar untuk industri pengukuran panjang.
Pada tahun 1987, ISO menerbitkan standar manajemen mutu pertamanya. Standar dalam ISO 9000 ini menjadi standar dengan penjualan yang paling terkenal dan terbaik didunia.
Standar Internasional ISO memastikan bahwa produk dan layanan yang aman, handal dan berkualitas baik. Untuk bisnis, ISO adalah alat strategis yang mengurangi biaya dengan meminimalkan limbah, kesalahan, dan meningkatkan produktivitas.
ISO membantu perusahaan untuk mengakses pasar baru, meningkatkan kesempatan bagi negara-negara berkembang dan memfasilitasi perdagangan global yang bebas dan adil.

Apakah arti ISO ?

Apakah arti ISO ?

Categories: Others

Comments are closed