Language : Indonesian English Filipino Chinese (Simplified)
Find Us :    Facebook Icon Twitter Icon Gplus Icon Youtube Icon Linkedin Icon

6 Tips Kembali Bekerja Setelah Libur Lebaran

Libur Lebaran 10 hari tahun ini merupakan berkah bagi kita semua, baik bagi yang merayakan lebaran maupun tidak. Berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan teman merupakan kebutuhan kita bersama. Liburan ini sangat bermanfaat bagi kita melepas penat dalam pikiran dan mendekatkan diri kita dengan keluarga tercinta.

Kini saatnya kita kembali bekerja untuk melaksanaakan kewajiban dan kembali ke dunia normal. Berikut 6 tips kembali bekerja setelah libur lebaran.

 

  1. Datang lebih awal

Bangun pagi dan berangkat lebih awal, merupakan kebiasaan baik yang harus kembali kita mulai setelah libur panjang. Tidak mudah memang, tapi paksalah diri kita untuk dengan semangat kembali kehidupan normal kita setiap harinya. Kita punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk mempersiapkan dan melakukan pekerjaan yang sudah lama ditinggalkan sehingga tidak keteteran saat mengerjakannya nanti. Jadikan momentum kembali bekerja ini dengan semangat lebih awal lebih baik.

 

  1. Silaturahmi dan komunikasi

Merupakan tradisi di Indonesia, setiap awal masuk setelah libur lebaran, kita bersilaturahmi dengan semua rekan kerja. Jadikan kesempatan ini untuk kembali ke fitrah untuk saling memaafkan. Tidak ada salahnya bercerita mengenai kegiatan mudik dan membawa oleh-oleh dari kampung yang menumbuhkan keakraban dan kepeduliaan kita terhadap rekan kerja. Tentu saja harus diperhatikan acara silaturahmi ini tidak memakan waktu yang terlalu lama

 

  1. Rapikan dan Atur kembali meja / tempat kerja

Setelah 10 hari ditinggalkan, tentu saja meja dan tempat kerja akan berdebu. Meskipun sudah ada janitor yang ditugaskan untuk membersihkan. Tidak ada salah nya kita sebagai sang pemilik area kerja membersihkan dan merapikan sendiri area kita. Serta kembali

 

  1. Buat To Do List berdasarkan prioritas

Memiliki jadwal kegiatan yang tertata rapi akan membuat kita lebih nyaman dan memberikan semangat dalam bekerja. Beri waktu untuk merenung dan memikirkan kembali hal-hal yang masih belum diselesaikan sebelum liburan lalu serta serta apa hal yang harus dikerjakan kedepannya. Paling tidak buatlah jadwal pekerjaan untuk minggu pertama. Jadwal yang tertata rapi akan membuat kita bekerja lebih sistematis. Jangan lupa dibuat berdasarkan prioritas. Mana yang urgent harus dikerjakan terlebih dahulu. Untuk pekerjaan yang melibatkan rekan kerja, tidak  ada salahnya kita komunikasikan dan diskusikan dengan mereka untuk menyamakan prioritas bersama.

 

  1. Selesaikan satu persatu pekerjaan secara perlahan

Banyaknya checklist pekerjaan jangan membuat kita panik. Lakukan saja pekerjaan berdasarkan urutan prioritas. Tinggalkan smartphone, jangan tergoda berkomunikasi dengan teman dan keluarga yang tidak produktif di jam kerja. Waktu kita berkomunikasi dengan social media sudah diberikan selama kita liburan. Lalu lakukan perkerjaan dengan focus dan tidak terburu-buru. Wajar jika diawal bekerja setelah liburan panjang ini kecepatan kita sedikit berkurang. Berikan waktu untuk kembali menyesuaikan diri dengan linkungan kerja kita terlebih dahulu.

 

  1. Tetap Fokus ke Objective

Memahami tujuan dari setiap aktifitas akan memberikan semangat bagi pekerjaan kita. Pekerjaan merupakan aktualisasi kita bagi kehidupan ini. Presiden John F. Kennedy mengunjungi markas besar NASA untuk pertama kalinya, pada tahun 1961. Saat berkeliling ke fasilitas tersebut, dia mengenalkan dirinya pada petugas kebersihan yang sedang mengepel lantai dan bertanya kepadanya apa yang dia lakukan di NASA. Petugas kebersihan itu menjawab, “Saya membantu menempatkan seorang pria di bulan!” Memahami pentingnya kita bagi Organisasi akan memberikan semangat bagi kita dalam bekerja.

 

Selamat kembali bekerja, beraktualisasi diri dan menikmati kehidupan.

Life is beautiful. 

 

Categories: artikel,News

Comments are closed